Review Briton International English School - Your Success Begins Here


Menurut sebagian orang menguasai bahasa inggris adalah bahasa yang sulit bahkan mungkin mindset almost impossible to know that masih melekat dipikiran mereka. Banyak alasan tentunya, mungkin karena bahasa inggris bukan mother tongue kita , lalu sangat sulit untuk mengingat kosa katanya, perbedaan penulisan dan pengucapannya, serta tidak jarang pula saya mendengarkan keluhan dari teman-teman saya sendiri bertahun tahun mereka belajar bahasa inggris namun hanya mampu melakukan conversation yes-no saja.


Sering kali saya mendapatkan pertanyaan bagaimana menguasai bahasa inggris yang bukan jurusan kita? Jawaban saya hanya dua yaitu pertama Mau, kedua Passion. Jika Mau dan Passion sudah ada di dalam hati dan dibuktikan dengan tindakan, tidak perlu waktu yang lama untuk menguasai apa yang kita inginkan. 

Bahasa inggris juga menjadi salah satu alasan orang tua dalam memilih sekolah terbaik untuk sang buah hati. Tidak heran tentunya, bahasa inggris bukan lagi menjadi sebuah tuntutan tapi memang kebutuhan, desakan zaman yang semakin berkembang. Menguasai bahasa inggris sudah menjadi keharusan jika kamu ingin menjadi bagian dari 21st century, cerdas dan mengglobal.

Lembaga kursus bahasa inggris pun semakin menjamur. Dari harga yang murah sampai harga yang cukup menguras kantong. Biasanya sebagian orang memilih lembaga tersebut karena pengalaman teman-teman yang sebelumnya pernah bergabung disana. Tapi percayalah, nasehat saya sejauh apapun kamu belajar dan semahal apapun kamu menngeluarkan budget akan menjadi sia-sia jika tidak disertai sikap konsisten, terus belajar, mau mengembangkan, dan terus mempraktikkannya. Ingat rule-nya? Consistent and Passion. Not only should be, but must be!

Bagaimana memilih lembaga yang sesuai yang mampu mengubah kita dari zero to hero dalam bahasa inggris, berikut saya memberikan review salah satu lembaga pendidikan bahasa inggris non-formal yang cukup terkenal di Kota Makassar, Briton International English School.

Saya adalah pribadi yang sangat tertarik untuk belajar bahasa asing, saya pernah mempelajari bahasa jerman karena sebagai salah satu mata pelajaran sewaktu duduk dibangku sekolah menengah atas, saya juga pernah mengambil kursus bahasa perancis. Menurut saya, bahasa perancis adalah salah satu bahasa yang cukup menantang untuk dipelajari, terlebih jika kamu sudah sangat fasih dalam berbahasa inggris, karena penyebutan alphabet dari bahasa perancis sangat berbeda dengan penyebutan alphabet bahasa inggris.

Saya juga pernah mencoba mempelajari bahasa korea dan jepang, walaupun pada akhirnya tidak saya lanjutkan. Salah satu tips untuk kamu yang ingin menguasai suatu bahasa, terbiasa dulu untuk mendengarkan, mengulang-ulang kalimat teresebut tanpa memahami maknanya, kemuadian tertarik untuk mencari tau, hingga menjadi paham dengan maknanya dan mampu melafalkan dengan baik.

Saya cukup familiar dengan bahasa inggris karena sejak duduk di bangku sekolah dasar, kedua orang tua saya mendaftarkan saya dibeberapa lembaga bimbingan belajar dan juga bimbingan khusus bahasa inggris. Awalnya, saya masuk dan mengikuti proses pembelajarnnya dengan perasaan biasa-biasa saja, pada saat itu usia saya masih sangat muda untuk memahami mengapa saya harus belajar ini dan itu. Hingga akhirnya, orang tua saya terus mamaksa untuk masuk ikut bimbingan bahasa inggris di bangku sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Di bangku sekolah menengah atas, saya adalah anak yang aktif berorganisasi, belajar, dan aktif mengikuti ajang perlombaan pidato, karya ilmiah, mading, dan debat. Saya tertarik dengan bidang debat, hingga akhirnya saya menekuni bidang debat bahasa indonesia. Tak cukup dengan bidang debat bahasa indonesia, dengan modal bahasa inggris saya yang masih acak acakan dan kekurangan perbendaharaan kata, saya mecoba ikut serta dalam latihan debat bahasa inggris, awalnya sulit, tapi saya mulai tertarik dengan tantangan untuk bisa berbicara bahasa inggris. Hasil yang terbaik yang pernah saya raih dalam mengikuti debat bahasa inggris yaitu saya masuk babak semi final lomba debat bahasa inggris, mungkin prestasi yang saya raih tidak segemilang prestasi saya di bidang debat bahasa indonesia yang sering kali meraih juara 1. Pada saat itu di dalam hati saya sangat ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris atau Sastra Inggris, tapi karena satu dan lain hal dan masukan dari orang tua, saya memutuskan untuk mengambil jurusan Teknik Kimia. Menyesal? Tentu tidak, saya yakin pilihan yang saya ambil adalah pilihan terbaik, saya bertekad untuk menguasai kedua bidang tersebut.
    

Back to the line point, 

Briton International English School sebagai salah satu lembaga pendidikan non formal dengan sertifikat cambridge. Saya memutuskan untuk bergabung di lembaga ini setelah melakukan research beberapa lembaga pendidikan kursus lainnya di Kota Makassar. Alasan lainnya, saya masih dalam proses menyusun Tugas Akhir di jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Ujung Pandang, membuat saya harus memilih lokasi di kota yang sama.

Briton International School, Your Success Begins Here, adalah pernyataan yang sering kita baca di brosur Briton. Sebagai seorang customer baru pada saat pertama kali mengunjungi kantor Briton International School saya merasakan pelayanan yang professional, ruang belajar yang bersih, nyaman, dan atmosfir kelas layaknya di luar negeri, membuat saya dengan mantap menetapkan hati untuk belajar di lembaga pendidikan bahasa inggris ini. Pada awalnya saya ingin mengambil kelas TOEFL Preparation namun ternyata system di Briton International English School sedikit berbeda.

Kamu tidak bisa menentukan dikelas mana atau level mana yang kamu ingin daftar. Pada tahap awal, kamu harus mengikuti tes kemampuan bahasa inggris untuk mengetahui seberapa jauh kamu mampu berbahasa inggris. Tes kemampuan awal tersebut terdiri dari tes grammar dasar seperti subject, object, to be, possesive pronoun. Selajutnya tes writing dimana kamu diminta untuk menuliskan apapun sesuai dengan tema yang kamu inginkan. Terakhir kamu diminta untuk melalukan speaking, salah tenaga pengajar dari Briton International School akan mengajak kamu melakukan percakapan singkat.

Hasilnya pun akan keluar dihari yang sama. Setelah hasilnya kelar, pihak staff dari Briton International School akan memberitahukan seberapa jauh pengetahuan dasar kamu dalam bahasa inggris dan kamu sebaiknya mengambil kelas apa. Pada saat itu, setelah hasil tes saya keluar, saya bisa mengambil Level 2 atau Basic 2. Dalam benak saya, bertahun tahun saya mengikuti kursus bahasa inggris dan pengetahuan bahasa inggris saya masih begitu begitu saja. 

Briton memiliki dua tingakatan level, pertama Basic dan kedua adalah Professional Speaking. Untuk setiap level kamu harus menempuhnya selama 2 bulan, jadi untuk menamatkannya kalian memerlukan waktu 4 bulan. Dengan kata lain,

ü  Basic 1                                        = 1 bulan

ü  Basic 2                                       = 1 bulan

ü  Profesional Speaking 1           = 1 bulan

ü  Profesional Speaking 2          = 1 bulan


Pada level Professional Speaking 2, kamu akan mendapatkan tes TOEFL Institusional dan berlaku selama satu tahun dan dapat digunakan dalam skala nasional.


Untuk kelas untuk TOEFL Preparation, yaitu:

ü  TOEFL Preparation 1                    = 1 bulan

ü  TOEFL Preparation 2                    = 1 bulan


Briton juga menyediakan fasilitas beberapa jenis TOEFL seperti TOEFL IBT (berlaku 2 tahun) dan TOEFL ITP (berlaku 1 tahun). Briton juga menyediakan kelas IELTS Preparation dan ujian IELTS bagi kamu yang membutuhkan sertifikat IELTS. Khusus untuk IELTS Preparation hanya ada di Briton Pusat.

Apakah biayanya mahal? Biaya sebanding dengan fasilitas yang kamu dapatkan. Fasilitas kelas yang nyaman, lingkungan yang mengharuskan untuk berhasa inggris baik kepada staff dan tenaga pengajar, dan yang tidak kalah penting tenaga pengajar yang mempuni dibidangnya. Menurut saya, Briton memiliki metode yang cukup unik, yang memudahkan saya untuk mengingat kosa kata baru, that’s what I am looking forward to. Saya sangat nyaman dan menikmati masa-masa belajar di Briton, karena saya diajar oleh tenaga pengajar yang sangat baik dan teman-teman sekelas yang sangat seru. Dalam satu kelas, kamu hanya kan berjumlah tidak lebih dari sepuluh orang. Lebih sedikit, lebih baik, membuat tutor yang mengajar kamu lebih memperhatikan perkembangan kamu.

Tahun 2018, biaya untuk kursus di Briton :
ü  Basic 1                                    = ± Rp. 1.780.000/bulan
ü  Basic 2                                    = ± Rp. 1.780.000/bulan
ü  Profesional Speaking 1           = ± Rp. 1.780.000/bulan
ü  Profesional Speaking 2           = ± Rp. 1.780.000/bulan

Untuk kelas TOEFL Preparation, yaitu :

ü  TOEFL Preparation 1              = ± Rp. 2.550.000/bulan
ü  TOEFL  Preparation 2             = ± Rp. 2.550.000/bulan
Untuk mengambil TOEFL Test ± Rp. 650.000 per satu kali tes

Untuk kelas IELTS Preparation ± Rp. 5.000.000 dan untuk IELTS Test ± Rp. 2.800.000 per satu kali tes.

Sebagai tambahan, Briton sering kali melakukan kegiatan tambahan seperti Odyssey. Pada waktu itu, seluruh siswa Briton se-kota Makassar melakukan perjalanan ke Malino dan menginap disalah satu villa mewah di kawasan hutan pinus, Kota Malino. Perjalanan ini disertai dengan fun games dan membuat kamu bertemu dengan teman-teman baru.

Untuk memudahkan kamu untuk melakukan survei mengenai Briton International School, saya menyertakan alamat cabang Briton dibawah ini mengutip dari google maps:
1.      Briton International English School BTP
Alamat                          : Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245
Nomor Telepon           : (0411) 4774222
2.      Briton International English School Centre Pettarani
Alamat                       : Ruko Diamond, Jl. A. P. Pettarani, Masale, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222
Nomor Telepon          : (0411) 456346
3.      Briton International English School Perintis
Alamat              : Ruko Abdi Agung Lantai 2, Jl. Perintis Kemerdekaan KM.7, Tamalanrea Indah, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245
Nomor Telepon          : (0411) 584700
4.      Briton International English School Sudiang
Alamat                        : Komplek Pertokoan Tamalanrea, Jl. Perintis Kemerdekaan, Pai, Biring Kanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245
Nomor Telepon         : (0411) 4812955
5.      Briton International English School Gowa
Alamat           : JL. Sultan Hasanuddin, Gowa, Makassar , South Sulawesi, Sawerigading, Ujung Pandang, Makassar City, South Sulawesi 90115
Nomor Telepon         : (0411) 880007

Kamu bisa mengatur jadwal bimbinganmu dengan jadwal sekolah atau kampus bahkan jadwal kamu dikantor. Jadi sangat fleksibel dan tidak akan meganggu jadwal harian kamu. Waktu belajarnya dua jam setiap harinya senin sampai sabtu, dihari minggu biasanya akan ada kelas tambahan atau kegiatan tambahan yang tentunya sangat saying untuk dilewatkan. Ada kelas di siang hari, sore dan malam hari. It's never too late to study. Jangan malu untuk mulai belajar bahasa inggris berapapun usia kamu. Semoga bermanfaat dan good luck.

Komentar

  1. Ada nomor wa/telfon yg bisa di hubungi?

    BalasHapus
  2. Maaf, untuk Briton yang di Jl. Lamadukelleng, apakah itu baru?di Map google belum muncul

    BalasHapus
  3. Nomor hp wa briton center pettarani ,minta infonya

    BalasHapus
  4. izin bertanya, dalam 1 minggu brpa kali pertemuan??

    BalasHapus
  5. LuckyClub Casino site review - LuckyClub.live
    LuckyClub Casino review - We have a detailed review of LuckyClub Casino and its VIP Program. Learn about bonuses, luckyclub games, VIP program and how to claim

    BalasHapus
  6. CASINO HOTEL, WV - Mapyro
    CASINO HOTEL, WV. 3113 광명 출장마사지 Las Vegas Blvd. South 제주도 출장마사지 Las Vegas, NV 89109. 익산 출장샵 Directions 포항 출장마사지 · (702) 770-3460. Call 부천 출장샵 Now · More Info. Hours, Accepts Credit Cards, Accepts

    BalasHapus

Posting Komentar